Makanan Untuk Melawan Flu

Dalam setahun seseorang pasti mengalami flu. Beberapa orang biasanya mengobatinya dengan minum obat flu bebas. Tapi sebenarnya flu juga bisa dilawan dengan mengkonsumsi beberapa makanan tertentu.

Mau tahu makanan apa saja yang bisa melawan flu? Makanan yang baik untuk melawan flu adalah makanan yang bisa meningkatkan imunitas tubuh kita.

Sejumlah makanan diyakini dapat membantu untuk membangun imunitas sehingga dapat memerangi infeksi seperti flu seperti dilansir dari health 24, yaitu:

  1. Makanan kaya vitamin C, seperti guavas, jeruk, lemons, buah kiwi, kubis, brokoli dan green peppers.
  2. Makanan kaya akan beta-carotene, seperti labu, ubi jalar, butternut, brokoli, bayam dan kuning peaches (segar dan kering).
  3. Makanan yang kaya asam lemak omega-3, seperti minyak ikan (tuna, pilchards, sardines) dan makanan kaya omega-3.
  4. Makanan yang kaya zink, seperti ikan, hasil laut, khususnya yang masih segar dan kerang kalengan, daging, unggas, telur, keju, susu, kacang dan biji-bijian dan sereal unprocessed.
  5. Makanan yang mengandung organisme fermentasi tertentu seperti Lactobacilli-yogurt dan produk yang mengandung media Lactobacilli, Bifidoflora atau Bifidoforte yang hidup yang terdapat Bifidobacteria dan Intestiflora. Gabungan dari Lactobacilli dan Bifidobacteria akan meningkatkan kekebalan tubuh secara umum.
Makanan-makanan tersebut dipercaya bisa melawan infeksi flu. Pada makanan yang kaya akan vitamin C dan beta karoten dipercaya mengandung paling banyak antioksidan yang dapat merangsang dan membantu fungsi kekebalan tubuh kita melawan penyakit dan infeksi.

Vitamin C juga menginaktivasi histamin, substansi yang bertanggung jawab terhadap terjadinya flu dan kongesti. Zinc merupakan mineral penting yang juga merangsang tubuh untuk memerangi infeksi seperti flu.

Asam lemak omega-3 memiliki fungsi serupa yoghurt dan produk-produk yang mengandung lactobacillus atau bifidobacterium, yaitu meningkatkan kekebalan tubuh untuk merangsang dan memproduksi zat yang disebut cytokines, yang terlibat dalam memerangi infeksi.

Secara umum, setiap orang yang mengikuti diet seimbang tidak perlu suplemen tambahan. Namun, orang-orang yang memiliki resiko lebih besar terkena atau tertular flu atau efek samping yang serius, harus mempertimbangkan untuk mengambil lengkap suplemen vitamin dan mineral.

Pastikan bahwa suplemen mengandung vitamin C, beta-carotene, dan elemen seperti zink dan selenium. Beberapa sarapan sereal juga kaya dengan selenium. Jika anda membutuhkan suplemen bisa dengan mengambil kapsul omega-3 (minyak ikan salmon atau cod liver oil) dan mencoba untuk makan secangkir yoghurt sehari. Gunakan yang rendah lemak, jika anda takut produk tersebut akan mendorong asupan lemak dan kolesterol.

Jangan lupa, penyembuhan dengan makanan ini juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup, banyak mengkonsumsi air putih, dan tidak berdekatan dengan orang yang menderita flu juga.

0 komentar:

Posting Komentar